Program

Sabtu, 17 November 2012

APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN Ms.ACCES



FITUR PROGRAM APLIKASI PERPUSTAKAAN

Fitur-fitur yang terdapat pada sebuah  aplikasi perpustakaan, adalah sebagai berikut ;

  1. Katalog / Kategori Buku, katalogisasi, inventarisasi
  2. program sistem informasi perpustakaan ini dapat membagi buku/makalah atau produk lain yang ingin ditampilkan pada sistem informasi perpustakaan dalam kategori-kategori terpisah, sehingga memudahkan user menemukan apa yang dibutuhkannya. Selain itu, program juga dapat membuat sebuah sub kategori dari sebuah kategori induk yang ada, sehingga memiliki tingkat kedalaman kategori.
  3. Informasi Lengkap Buku, Administrasi koleksi perpustakaan (database buku, makalah, jurnal) berdasarkan kategori pada bagian informasi lengkap buku/produk, akan ditampilkan screenshoot (gambar) dari buku (jika ada), dilengkapi dengan ID pustaka, judul buku, nama pengarang, penerbit, ISBN, jumlah halaman dari buku, ukuran, jenis bahasa, sumber buku, stok buku yang tersedia serta resume singkat dari buku/produk.
  4. Blanko Peminjaman, sirkulasi buku
  5. pengunjung dapat melakukan permohonan peminjaman terhadap buku yang ada, dimana setelah memilih buku yang diinginkan, mereka akan diminta untuk mengisi blanko permohonan peminjaman. Setelah menekan tombol "Proses", maka permohonan peminjaman pengunjung akan dicatat ke dalam database, sehingga pengelola dapat melihat siapa yang melakukan peminjaman. Apabila dibutuhkan dan diaktifkan pengelola, terdapat sebuah tombol untuk mencetak blanko permohonan peminjaman tersebut, sehingga peminjam bisa membawa hasil print (cetak) ke pihak perpustakaan sebagai bukti saat melakukan pengambilan buku.ini tugas saiia ibu... :)
  6. salasia46.blogspot.comStok (Ketersediaan) Buku,
  7. saat pengunjung melakukan proses permohonan peminjaman buku, stok (ketersediaan) buku yang tersedia belum akan berkurang. Setelah diproses oleh pengelola, maka secara otomatis stok buku akan berkurang dengan jumlah yang dipinjam. Pemohon pinjam sendiri akan ditempatkan di bagian "Sedang Dipinjam". Stok buku akan direset (dikembalikan) ke nilai semula secara otomatis, ketika pengelola mengklik menu yang menandakan bahwa buku yang dipinjam telah dikembalikan, dan Peminjam akan dikelompokkan ke dalam Arsip Peminjam.
  8. Statistik Perpustakaan
  9. pada bagian statistik ini akan ditampilkan nama-nama yang melakukan permohonan peminjaman, sedang dipinjam dan telah mengembalikan buku yang dipinjam. Statistik sendiri akan ditampilkan dalam bentuk kalender.
  10. Tampilan Random Buku Perpustakaan,
  11. buku-buku perpustakaan yang ada akan ditampilkan secara random (acak) dibagian kanan dan kiri situs. Saat diklik, maka pengunjung akan diarahkan langsung ke informasi lengkap buku tersebut.
  12. Internal Search Engine,
  13. fitur yang memungkinkan pengunjung mencari data buku perpustakaan.
    Informasi Terbaru, fitur ini untuk menampilkan informasi-informasi terbaru yang terkait dengan perpustakaan.
  14. Kewenangan Akses, security/hak akses penggunaan aplikasi
  15. kewenangan anggota dapat diatur menurut kebutuhan, seperti apakah yang bersangkutan sebagai anggota biasa, yang hanya dapat mengakses, sebagai seorang pengelola, atau yang lainnya. Program sistem informasi ini sendiri memiliki tingkat kewenangan beragam terhadap masing-masing pengelola, sehingga dapat ditentukan siapa yang punya akses atau tidak terhadap suatu fitur tertentu.
  16. Statistik ,
    pada ruangan pengelola di bagian informasi buku, ada fungsi yang dapat digunakan sebagai Pelaporan, dimana data-data buku, yang mengajukan permohonan peminjaman, sedang meminjam, atau arsip yang pernah meminjam, dapat dicetak dalam bentuk kertas atau dalam bentuk file Excel (.XLS)
  17. Administrasi Anggota, pengelolaan anggota perpustakaan (administrasi)
  18. sistem informasi ini memiliki fasilitas untuk bergabung yang bisa diaktifkan atau dinon-aktifkan oleh pengelola.
  19. Online Help,
  20. program memiliki panduan online, yang akan mempermudah pengelola memahami fitur yang ada. Online Help yang terletak di bagian kiri bawah pada Ruangan Pengelola itu sendiri akan tampil berdasarkan fitur/menu yang diakses.
  21. Dokumentasi Online,
  22. selain Online Help, juga tersedia sebuah dokumentasi online, yang akan menjelaskan secara singkat tentang fitur yang ada pada program. Dokumentasi Online ini terletak di Ruangan Pengelola pada bagian kanan bawah.
  23. Menggunakan database MySQL,
  24. sistem informasi perpustakaan berbasis web ini menggunakan database MySQL sebagai tempat penyimpanan data, sehingga gampang dikelola dan terstruktur dengan baik.
  25. profile perpustakaan
  26. pengelolaan/informasi penerbitan
  27. feed back sistem informasi perpustakaan meliputi buku tamu, news ticker, saran atau pesan singkat
  28. Anggota Teraktif
  29. Pengolahan Bahan Pustaka
    1. Cari & + eksemplar
    2. Entri baru (New Entry)
    3. Edit (Error Correction)

30.  Sirkulasi
a.      Pelayanan Mandiri Pengembalian /Perpanjangan
    1. Security Check-Out
  1. Konfigurasi

Winisis adalah suatu program yang dapat digunakan  untuk mengelola database.Program ini di buat secara khusus untuk digunakan pada perpustakaan, pusat informasi dan dokumentasi serta kearsipan. Program ini dapat diperoleh secara gratis dari UNESCO. Jadi bukan merupakan program komersial. Dimana kita harus membeli untuk dapat menggunakanya. Versi beta dari WINISIS di tulis bulan oktober 1996 oleh DEVISI PENGEMBANGAN SOFTWARE UNESCO. Versi beta dari suatu program aplikasi adalah versi uji coa yang sengaja diluncurkan  untuk masyarakat secara umum. Diharapkan masyarakat umum yang menggunakan progam tersebut dapat memberikan saran dan kritik untuk memperbaiki versi tersebut. Versi reminya yaitu 1.31. baru di luncurkan bulan November 1998 yaitu pada tanggal 17 November1998 disket program terdiri atas dua buah disket floppy secara resmi di kirim kan distributor seluruh dunia. Di Indonesia distributor yang resmi adalah PDII-LIPI(Pusat DokumentasiInformasi Ilmia- Lembaga Ilmu Pengetahuan Inonesia). WINISIS sudah memennuhi kriteria standard yang di harapkan  bagi program yang berbasis windows
·         Pembuatan Database
Pada program winisis sudah disediakan wizard yang membantu dalam pembuatan struktur database.


Fungsi Aplikasi Perpustakaan


Aplikasi perpustakaan yang akan dibangun berfungsi untuk:
1.             Mencatat data buku di Perpustakaan
2.             Mencatat data anggota Perpustakaan
3.             Mencatat data peminjaman dan pengembalian buku oleh anggota
4.             Mencatat data denda pengembalian yang terlambat
5.             Membuat laporan peminjaman buku
6.             Mencetak daftar Anggota
7.             Mencetak daftar Buku
8.             Mencetak data denda pengembalian buku yang terlambat
9.             Mencetak grafik anggota yang paling sering meminjam buku
Fungsi-fungsi tersebut akan dipenuhi oleh aplikasi dengan menggunakan struktur menu yang bersifat hirarki dengan menggunakan pulldown menu.
Tempat Penyimpanan Data
Untuk menyimpan semua data, kita akan membagi data dalam dua golongan yaitu tabel data master dan tabel data transaksi. Tabel data master adalah data yang menjadi acuan dari data transaksi. Adapun ciri dari data master adalah:
·                     Data master jarang berubah
·                     Data master biasanya mempunyai satu primary key dan akan menjadi foreign key pada data transaksi
·                     Contoh primary key dalam data tabel master adalah:Kode_Anggota, Kode_Buku
Tabel data transaksi adalah tabel data yang menyimpan data dari sebuah transaksi, misalnya transakasi peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan, pembelian barang, penjualan barang atau transaksi absensi karyawan. Adapun ciri dari tabel data transaksi adalah:
·                     Memiliki foreign key yang berelasi dengan tabel data master
·                     Jumlah record sering berubah tergantung adanya transaksi, misalnya transaksi penjualan
·                     Data pada tabel transaksi biasanya ada proses perhitungan antar field, misalnya harga_satuan * jumlah_barang menghasilkan nilai sub total harga barang.tugas dari bu selsii
Tabel master yang diperlukan pada aplikasi perpustakaan terdiri dari:
1.             Tabel Master_Anggota
2.             Tabel Master_Buku
Tabel transaksi yang diperlukan terdiri dari:
1.             Tabel Pinjam
2.             Tabel Pinjam_Detail
3.             Tabel Histori_Buku
Gambar relasi tabel aplikasi perpustakaan
Proses Input Data
Proses input data adalah proses menyimpan data ke dalam tabel pada database yang kita bangun. Dalam merancang user interface untuk proses input data kita harus memberikan kemudahan kepada user dan kontrol agar proses input data dapat dilakukan dengan mudah dan meminimalkan kesalahan proses input data.
Form yang disediakan pada aplikasi perpustakaan terdiri dari:
1.             Form master anggota
2.             Form master buku perpustakaan
4.             Form daftar transaksi peminjaman buku
5.             Form daftar histori
Pencetakan data
Salah satu tujuan dari pembuatan aplikasi dengan komputer adalah mendapatkan informasi yang berupa print out. Laporan-laporan yang akan disediakan pada aplikasi ini antara lain
1.             Laporan daftar anggota perpustakaan
2.             Laporan daftar buku perpustakaan
3.             Laporan Daftar Pinjam Buku
4.             Cetak data histori buku perpustakaan
5.             Daftar Denda
6.             Grafik Top 3 Peminjam

2 komentar: